Dokumentasi Kegiatan Ekspresi Insan Teater SMKN 1 Berau

27 Feb

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Minggu, 27 Februari 2011, tepat pada pukul 09.00 pelaksanaan kegiatan Ekspresi Insan Teater (EKSIT) Gedung Kesenian Teater Angin SMKN 1 Berau di mulai. Acara yang di hadiri dari 8 kelompok teater yaitu :
1. Teater Tetes : SMP 4 Berau
2. Teater Madu : SMP 9 Berau
3. Teater Awan : SMP 1 Berau
4. Teater AKBS : SMA Negeri 1 Berau
5. Teater Oase : SMA Negeri 4 Berau
6. Teater Lingkar : SMA Negeri 1 Gunung Tabur
7. Teater Lain
8. Teater Bumi

Sebelum memasuki ruangan kesenian (tempat acara berlangsung) pada pukul 09.00 WITA para peserta dikumpulkan ditengah lapangan SMKN 1 Berau dan berkumpul untuk membuat lingkaran besar, mereka akan diinstruksikan untuk membuat yel – yel dari setiap kelompok teater, seluruh peserta yang telah membuat yel – yel, mereka akan diarahkan panitia untuk memasuki ruangan tempat penyelenggaraan EKSIT sambil meneriakkan yel – yel tersebut, kontan saja semua peserta terhibur dari setiap yel – yel yang dibuat oleh masing – masing peserta. Setelah semua peserta berada dalam ruangan kesenian maka dimulailah acara EKSIT ini dengan dipandu Host dari Teater Angin (Armand Dahlan) yang bisa membuat suasan keakraban diantara setiap peserta, tepat pada pukul 09.30 acara dimulai dengan pemberian materi / sharing pengetahuan dan pengalaman dari seniman Jebolan Teater Bumi yaitu Benyamin Sira, seorang seniman muda Berau yang telah menyabet gelar Aktor Terbaik Tingkat Nasional Pada Festival Teater Mahasiswa Nasional di Jogjakarta.

Seluruh peserta terlihat sangat antusias menyerap setiap kata yang keluar dari bibir pemateri, tak luput pula dari penyampaian materi di selingi dengan cekikikan tawa dari para peserta karena dalam penyampaian materi tersebut di selingi dengan gaya kocak seorang Benyamin Sira, kurang lebih 1 jam para peserta di suguhi dengan berbagai macam hidangan pengalaman dan pengetahuan umum mengenai perteateran indonesia dari Saudara Benyamin Sira, semua materi dilahap dengan cepat oleh seluruh peserta yang hadir dalam ruang kesenian yang tidak terlalu luas itu. Sesi pemberian materi pun akhirnya ditutup ungkapan dari saudara Benyamin Sira yang disadur dari sebuah dialog Naskah Karya; Sri Harjianto Sahid”Belajar & teruslah belajar agar kalian mengenal hidup”, tepukan tangan meriah dari seluruh peserta sekaligus menutup sesi materi itu.

Memasuki acara inti dari EKSIT itu sendiri yaitu pertunjukan teater yang akan di suguhkan dari setiap teater yang datang, hampir sekitar 3 jam seluruh peserta di suguhkan oleh berbagai macam pementasan teater, setelah melihat semua pementasan para peserta, penulis merasa ada kebanggaan tersendiri melihat perkembangan kualitas dari setiap penampilan kelompok teater. Pementasan terakhir dan sekaligus sebagai penutup dari acara adalah penampilan dari Teater Bumi. Pukul 15.30 WITA acara EKSIT yang berlangsung dari pagi hingga sore ini sampai pada puncak acara, para peserta saling bersalaman sebelum meninggalkan ruangan kesenian.

Semoga kegiatan ini terus di kembangkan dan dapat dijadikan wadah pengekspresian dari setiap kelompok teater khususnya.

Salam Teater

Info : EKSIT selanjutnya akan diadakan di Teater Potret Bahasa SMA Negeri 2 Berau

4 Tanggapan to “Dokumentasi Kegiatan Ekspresi Insan Teater SMKN 1 Berau”

  1. Putri_Mustika April 25, 2011 pada 2:29 am #

    Pengendhh ikudhh teater lg😥
    Boleehh Gak … ???

    • me too Mei 19, 2012 pada 6:57 am #

      boleh too_…
      kpan???!!!

  2. Wandi ( Onedi TFC ) Februari 28, 2012 pada 11:35 am #

    jgn ingat swaktu SMP jd Anggota Teater Tetes SMP4…. tpi syang gk lanjut d SMK1…. Sippp

    • aku Mei 19, 2012 pada 6:35 am #

      yc toe lch,,,,………..cyank b”úth????????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: