Cinta ku Bertepuk Sebelah Tangan

5 Jan


Cerpen ini ditulis oleh peserta dari Lomba Menulis Cerpen Tingkat SLTA Se – Kab. Berau 2010
Perkenalkan ini
pacar ku…..

Ya…kata-kata itu selalu datang dalam pikiran Nia dikala sedang memikirkan Richi. Nia adalah seorang gadis yang berasal dari keluarga sederhan.Ayahnya seorang pedagang kakilima,sedangkan ibunya hanya ibu rumah tangga biasa.
Pendapatan orang tuanya yang bekerja sebagai pedagang kakilima kadang tidak mencukupi kebutuhan keluarganya. Apalagi ditambah tujuh orang saudaranya yang rata-rata masih duduk dibangku sekolah. Sehari-hari sepulang sekolah Nia selalu membantu orang tuanya. Di saat kondisi keluarganya yang seperti itu,cinta datang dalam hidupnya.

Berawal saat masuknya ia ke Sekolah Menengah Atas , tepatnya di SMA Negri 11 Bandung. ”hey………kamu yang diujung,berdiri dan perkenalkan dirimu!”teriak senior yang membinanya. Dengan spontan Nia berdiri dan melangkahkan kakinya mendatangi senior itu. ”Nnnnnnama saya Tania Pratiwi, tinggal di jl Suyoto, lahir di Bndung 4 April 1994.” sambil terbata-bata Nia menyebutkan satu persatu identitasnya. Masa Orientasi Siswa merupakan saat-saat yang selalu membuat keringat Nia berubah dingin seketika, karena pada masa itulah Nia selalu dikerjai oleh seniornya. Sialnya, hal itu terulang kembali pada MOS kali ini. Berturut-turut ia dikerjai dan dipermalukan oleh senior. Hingga sampai puncaknya,rasa malu nia tidak dapat terbendung lagi. Ia pun berlari keujung koridor. Sambil menangis, ia duduk dan merundukan kepala, tampak seorangpria datang dan duduk disampingnya.”Sudahlah jangan sedih,dulu saya juga seperti kamu,bukankah hal-hal seperti ini sudah biasa terjadi? Maafkan teman-teman saya mungkin mereka sudah keterlaluan terhadap mu…..perkenalkan namaku Richi.” Sambil tersenyum Richi mengulurkan tangan. Di situlah awal pertemuan mereka.
Dua tahun telah berlalu di SMAN 11, selama itu pula tanpa diduga Nia menyimpan suatu perasaan pada Richi.
Richi merupakan sosok pria yang baik dan ramah. Selain itu,dia juga dikenalan multi talent. Tidaklah salah, jika banyak gadis-gadis disekolah maupun luar yang menyukainya, termasuk gosip-gosip yang tidak sedap mengenainya tentang kriteria cewek yang disukainya. Sebenarnya Nia telah mengetahui hal itu baik dari teman-temannya maupun orang terdekat Richi. Tapi,rasa cintanya terhadap richi salalu menepis kabar buruk itu. Ia berpikir bahwa seorang Richi tidak mungkin memiliki sifat seperti yang diceritakan orang.

”Apapun yang dibilang orang tentang dia, tidak akan memudarkan rasa cintaku padanya.”itulah kata-kata yang selalu Nia ucapkan dalam hati. Ia sendiri tidak mengetahui bagaimana perasaan Richi sebenarnya padanya.
Sampai suatu hari, Nia diajak ayahnya pindah ke Jakarta karena kondisi keuangan keluarganya semakin memburuk. Hal itu membuat Nia sedih, ia merasa tidak akan bertemu lagi dengan Richi.
3 tahun sudah Nia berada diJakarta, disana ia bersama keluarganya membangun sebuah toko kue. Penghasilan dari toko itu cukup lumayan,sehingga membuat kondisi keuangan keluarganya membaik dan ia dapat melanjutkan kebangku kuliah. Walaupun sudah lama tidak bertemu dengan Richi, tidak ada sedikit pun perasaannya yang berubah. Bahkan ia mempunyai mimpi kelak bersama Richi.
Tak disangka di universitas yang sama Nia bertemu dengan Richi. Ia bersama seorang wanita yang cantik. “hei…….ini Niakan ?”sapa Richi. ”Iya kak.”sahut Nia sambil menatap wanita disamping Richi. ”Bagaimana kabarmu….sepertinya baik nih..?”ujar Richi. “Iya kak,aku baik-baik saja kok .”balasnya. “Perkenalkan ini pacarku .” ucap Richi.
Seketika raut wajah Nia berubah. Serasa tertindas batu besar ,disekelilingnya telihat gelap. Ia tidak dapat bergerak bahkan mengucapkan sepatah katapun tidak bisa.
“Nia……Nia….Nia are you ok ?”Tanya Richi. “Mmmm….aku tidak apa-apa kak .”ucap Nia. ”Kami mau ke kantin….kamu mau ikut ?”ajak Richi. ”oh tidak kak, a…a…aku mau ke perpus.”jawab Nia terbata. “kalau begitu kami duluan ya….”balas Richi. Hanya senyuman yang ia lemparkan ke Richi saat itu.
Kejadian tersebut membuat Nia down. Ia teringat pada gossip-gosip dulu tentang Richi. Sakit sekali hati Nia harus merasakan cinta pertamanya bertepuk sebelah tangan.
Hari-hari Nia yang penuh keceriaan, kini berubah menjadi suram dan sepi. Setiap malam saat ia memandang bintang, ia selalu teringat pada Richi.Tapi, apa daya semua terasa sakit. Ia hanya dapat mengungkapkan perasaannya diatas lembaran-lembaran kertas diary.

Biodata Penulis:
Nama :Apprillia Ningsih
Tempat Tanggal Lahir : Balikpapan 25 april 1994
Sekolah : SMK SEHAT PERSADA
Kelas : X Fisiologi
Alamat : Jl.Niaga II , Berau Tanjung Redeb
E-mail : avril_iyong@yahoo.co.id
FB : Inchi Vichya

Satu Tanggapan to “Cinta ku Bertepuk Sebelah Tangan”

  1. ulfy Juni 3, 2012 pada 2:17 pm #

    kasian yh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: