Lokalatih Kampanye Pendidikan Konservasi Menginspirasi Konservasi di Kabupaten Berau

10 Des

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

The Nature Conservancy menginisiasi lokalatih Pendidikan Konservasi bagi sesama penggiat konservasi di Kabupaten Berau, yang telah digelar di Kampus Singkuang, Tanjung Redeb 30 November – 3 Desember 2010. Lokalatih yang dihadiri 34 orang dari kalangan lembaga swadaya masyarakat dan media ini, pada hari pertama diisi dengan presentasi dan diskusi pembelajaran pendidikan konservasi yang telah dilakukan masing-masing peserta. Diifasilitasi Ebe Agustina dan In’am F. Burhanuddin sebagai trainer utama – keduanya alumni RARE Pride Campaign di Lesan Berau dan Morowali Palu – pada hari ke-2 sampai hari ke-4 dilakukan lokalatih kampanye pendidikan konservasi. Adapaun metode lokalatih yaitu presentasi, diskusi tanya-jawab, lokakarya, simulasi dan permainan mengenai metode dan teknik melakukan kampanye pendidikan konservasi yang terencana, dan mensasar isu utama komunitas dan konservasi. Metode kampanye pendidikan konservasi yang disampaikan pada lokalatih ini yaitu metode Pride Campaign yang dikembangkan RARE yang diadopsi dari pendekatan pemasaran social (marketing social).Dengan lokalatih Pendidikan Konservasi ini, para peserta dapat saling memperlengkapi dan meningkatkan kapasitasnya agar secara kolektif dapat membangun kemampuan dan keahlian dalam merancang dan mengimplementasikan program kampanye yang efektif dan efisien. Lokalatih ini selain digagas sebagai salah satu cara untuk menularkan pengetahuan, satu dan yang lainnya juga diharapkan sebagai wadah untuk meningkatkan rasa kepemilikan (‘sense of belonging’) program-program konservasi sebagai tujuan besar bersama.

Teater Bumi sebagai salah satu peserta dari kegiatan tersebut menyambut baik kegiatan positif ini. Sebagai lembaga yang lebih konsen di bidang seni pertunjukkan, Teater Bumi akan menindaklanjuti kampanye pendidikan konservasi ini dengan media pertunjukan seni teater dengan sasaran utama para pelajar yang tersebar di Kabupaten Berau.

Dari hasil evaluasi pelatihan ini, peserta yang hadir mendapatkan kesan positif diantaranya merasa terinspirasi untuk terlibat aktif dalam konservasi di Kabupaten Berau, lebih antusias untuk berbuat sesuatu untuk alam dan lingkungan di Berau dengan kapasitas dan potensi yang dimilikinya masing-masing. Semoga apa yang telah dilakukan selama 4 hari ini akan memperlengkapi para ‘pejuang konservasi dan lingkungan’ dalam melakukan apa saja yang dipercayakan kepada masing-masing orang dan atau lembaganya, untuk berkarya lebih hebat dan dasyat bagi Berau Sanggam yang tercinta. Semoga sukses selalu… !!!.

Ebe Bun. TNC Berau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: