Puisi Abstrak

11 Sep

hem...

Ada beberapa penyair yang barangkali memang sedang sadar telah membuat aliran abstrak dalam puisi-puisinya dengan tendensi berbeda-beda.
Sepakatkah kita bahwa tidak semua puisi dalam bentuk abstrak? Awalnya Puisi Abstrak tidak dikenal di Indonesia. Puisi-puisi bentuk abstrak di kenal sejalan dengan perkembangan Teather di tanah air. Puisi-puisi dalam bentuk abstrak lahir di balik dapur teater, dalam bentuk-bentuk pementasan yang didialogkan! Lalu kemudian terbawa keluar kedunia awam (yang bukan dunia teater, karena tidak semua seniman Sastra Puisi orang teater, tetapi orang teater pasti seorang sastrawan).
Istilah Abstrak memiliki arti, tak berbentuk, tak berpola, yang sifatnya sebagai abstraksi para seniman terhadap persoalan/kejadian atau apapun yang ditangkap dan diolah para seniman itu. Istilah Abstrak dulu “hanya” dipakai untuk kesenian seperti : Lukis, Tari, Patung dan arsitektur! Tapi kemudian juga terbawa dalam bentuk-bentuk sastra.
Dalam bentuk puisi, sesungguhnya yang benar-benar abstrak tidak ada! Puisi adalah bentuk berkesenian yang bermain pada Kosa Kata, Pada Kalimat!
Bukankah setiap Kosa kata dan kalimat memiliki arti? Arti yang dapat kita mengerti dengan jelas, hanya mungkin cara para seniman memainkan kosa kata menjadi kalimat yang tidak umum itu yang membuat kita bingung untuk mengartikannya!
Puisi-puisi Indonesia adalah puisi-puisi yang amat mudah dimengerti. Karya-karya itu dilahirkan di negeri yang polos. Tidak abstrak! Setiap membaca dan mengunyah puisi-puisi Goenawan Muhammad dan Ikranegara, sedari kecil saya melahapnya dengan nikmat. Tidak abstrak.

6 Tanggapan to “Puisi Abstrak”

  1. regsa September 21, 2009 pada 4:52 pm #

    Puisi abstark cara menikmatinya gimana?kalo dibaca kadang malah bingung apa yang makna yang akan diungkapkan penulis.Ato puisi ini hanya bisa dinikmati dengan didengar ?

    Salam

  2. banuahujungtanah Maret 10, 2010 pada 2:20 pm #

    Penggemar Mas Goenawan ya? Kalau punya info situs pribadi beliau, tolong kasih tau ke aku. Salam kenal!

  3. ai.gii Agustus 16, 2010 pada 6:22 am #

    weleh weleh….

    kalo RAKSASAKU ADALAH ANAK KECIL???? bagaimana???????

  4. sherly Januari 16, 2011 pada 12:36 am #

    puisi abstrak itu sebenarnya apa sich ??
    trims

    • teaterbumi Januari 20, 2011 pada 11:02 am #

      Secara singkat, Menurut saya puisi abstrak adalah puisi yang memberikan kebebasan kepada para pembaca / pendengar / penikmat puisi untuk menyimpulkan sendiri arah/makna dari puisi abstrak tersebut.

  5. noviia Februari 4, 2011 pada 12:12 pm #

    cara bikinnya gimana sih ??
    ssah aku .
    ndak bisa😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: